Sabtu, 21 Oktober 2017

Rendahnya Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika

Rendahnya Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika
          Minat merupakan salah satu kunci utama untuk memperlancar dan mengarahkan siswa dalam mempelajari sesuatu. Matematika adalah satu komponen dalam kurikulum, yaitu merupakan salah satu disiplin ilmu, dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan berargumentasi. Banyak siswa yang kurang senang belajar matematika, karena menurut mereka matematika sangat menakutkan, sehingga pemikiran “matematika menakutkan” inilah yang membuat matematika kurang diminati oleh siswa SD-SMA. Lalu ada juga yang beranggapan bahwa matematika itu merupakan pelajaran yang menguras otak. Bagaimana tidak, matematika adalah pelajaran yang berhubungan dengan angka dan berhitung.
Mengapa matematika itu susah? Mengapa banyak siswa yang tidak minat untuk mempelajari matematika? Sebetulnya, minat dapat ditingkatkan intensitasnya dengan bantuan lingkungan sekitarnya, yaitu oleh orang tua, guru dan teman sebaya, sekolah, dan konselor. Untuk meningkatkan hasrat berprestasi dalam dunia pendidikan dapat ditempuh dengan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap orang tua serta guru dalam menciptakan iklim berprestasi dirumah maupun di Sekolah.
Adapun faktor yang mempengaruhi minat anak untuk belajar matematika masih rendah, diantaranya yaitu :
1.      Daya ingat siswa sangat terbatas
2.  Kemampuan berfikir rasional siswa sangat lemah dalam mengerjakan soal-soal  matematika
3.      Variasi strategi dalam pembelajaran masih kurang
4.      Tidak tahu tujuan dan manfaat mempelajari matematika
5.      Sikap guru yang kurang mendukung dalam membangkitkan minat belajar siswa
Hal yang terpenting perlu dilakukan untuk membuat anak menyenangi pelajaran berhitung adalah dengan menunjukkan kepada anak penggunaan matematika yang sangat sering dijumpai dikehidupan sehari-hari. Misalnya, mengukur tinggi badan, menghitung uang, angka pada jam digital di rumah, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, guru juga harus bisa mengajar dengan metode-metode yang lebih variatif dan menyenangkan, agar menarik minat siswa dalam pembelajaran matematika.
Membuat anak menyukai matematika merupakan tugas orang tua dan guru. Dalam hal ini, guru dan orang tua harus bisa menumbuhkan motivasi anak untuk belajar matematika.
Adapun upaya yang dapat dilakukan guru dan orang tua, dalam memotivasi anak dalam pembelajaran matematika, yaitu :
1.      Kenali karakteristik anak
2.      Tanamkan cara pandang yang positif tentang manfaat belajar
3.      Ubah perspektif anak bahwa belajar itu tidak sulit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar