Rendahnya Minat Siswa Terhadap
Pembelajaran Matematika
Minat merupakan salah satu kunci
utama untuk memperlancar dan mengarahkan siswa dalam mempelajari sesuatu. Matematika
adalah satu komponen dalam kurikulum, yaitu merupakan salah satu disiplin ilmu,
dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan berargumentasi. Banyak siswa yang
kurang senang belajar matematika, karena menurut mereka matematika sangat
menakutkan, sehingga pemikiran “matematika menakutkan” inilah yang membuat
matematika kurang diminati oleh siswa SD-SMA. Lalu ada juga yang beranggapan
bahwa matematika itu merupakan pelajaran yang menguras otak. Bagaimana tidak,
matematika adalah pelajaran yang berhubungan dengan angka dan berhitung.
Mengapa
matematika itu susah? Mengapa banyak siswa yang tidak minat untuk mempelajari
matematika? Sebetulnya, minat dapat ditingkatkan intensitasnya dengan bantuan
lingkungan sekitarnya, yaitu oleh orang tua, guru dan teman sebaya, sekolah, dan
konselor. Untuk meningkatkan hasrat berprestasi dalam dunia pendidikan dapat
ditempuh dengan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap orang tua
serta guru dalam menciptakan iklim berprestasi dirumah maupun di Sekolah.
Adapun
faktor yang mempengaruhi minat anak untuk belajar matematika masih rendah,
diantaranya yaitu :
1. Daya
ingat siswa sangat terbatas
2. Kemampuan
berfikir rasional siswa sangat lemah dalam mengerjakan soal-soal matematika
3. Variasi
strategi dalam pembelajaran masih kurang
4. Tidak
tahu tujuan dan manfaat mempelajari matematika
5. Sikap
guru yang kurang mendukung dalam membangkitkan minat belajar siswa
Hal
yang terpenting perlu dilakukan untuk membuat anak menyenangi pelajaran
berhitung adalah dengan menunjukkan kepada anak penggunaan matematika yang
sangat sering dijumpai dikehidupan sehari-hari. Misalnya, mengukur tinggi
badan, menghitung uang, angka pada jam digital di rumah, dan lain sebagainya. Dalam
hal ini, guru juga harus bisa mengajar dengan metode-metode yang lebih variatif
dan menyenangkan, agar menarik minat siswa dalam pembelajaran matematika.
Membuat
anak menyukai matematika merupakan tugas orang tua dan guru. Dalam hal ini, guru
dan orang tua harus bisa menumbuhkan motivasi anak untuk belajar matematika.
Adapun
upaya yang dapat dilakukan guru dan orang tua, dalam memotivasi anak dalam
pembelajaran matematika, yaitu :
1. Kenali
karakteristik anak
2. Tanamkan
cara pandang yang positif tentang manfaat belajar
3. Ubah
perspektif anak bahwa belajar itu tidak sulit
Tidak ada komentar:
Posting Komentar